MACAM-MACAM PENGGERAK MOBIL



FWD (Front Wheel Drive)










Front wheel drive atau penggerak roda depan yaitu mesin menyalurkan tenaganya ke roda depan. Kelebihan penggerak jenis ini pada efisiensi BBM nya karena jarak mesin dan roda sangat dekat sehingga losses enegy makin sedikit, beban mesin juga menjadi ringan. Kelebihan lain juga pada ruang kabin yang rata. Kabin pun lebih senyap karena karena tidak ada bunyi gardan. Kekurangannya adalah kaki-kaki depan bekerja sangat keras karena befungsi untuk menggerakkan mobil dan berbelok, mobil FWD ban depannya lebih cepat habis. Kekurangannya lain pada saat tanjakan tidak sebaik RWD dan AWD. Untuk yang hobi mobil, FWD bisa melakukan slalom. Jenis penggerak ini biasanya digunakan di mobil yang peruntukannya hanya dalam kota. Contoh: Jazz, Vios, Avega, Alphard, Camry, Civic


RWD (Rear Wheel Drive)










Penggerak roda belakang artinya mesin menyalurkan tenaga ke roda belakang. Penyalurannya melalii gardan lalu ke kopel baru ke ban merupakan teknologi sejak zaman dulu. Kelebihannya mobil RWD lebih tahan lama karena roda depan dan belakang bekerja bergantian. Radius putar juga bisa lebih patah karena roda depan tidak terbebani mesin, stir pun bisa lebih ringan karena tidak ada beban. Selain itu kemampuan menanjaknya lebih bagus dari FWD, RWD bisa melakukan drifting. Kelemahannya adalah bobotnya lebih berat dari FWD, tenaga mesin pun ada yang terbuang yang membuat kerja mesin lebih berat sehingga lebih boros BBM ketimbang FWD. Kapasitas kabin lebih sempit dari FWD karena ada jendolan di lantai. RWD biasanya digunakan oleh mobil niaga dan mobil high performance. Contoh: Avanza, Kijang Innova, Gran Max, GT-R, MX-5 Miata.


AWD (All Wheel Drive) / 4WD (Four Wheel Drive)










Tenaga mesin disalurkan ke semua roda. Penggerak 4WD bisa memilih ban mana yang diberi tenaga oleh mesin, bisa hanya depan, hanya belakang atau semua. Kalau AWD sudah permanen semua roda bergerak. Kelebihan penggerak ini adalah traksi yang maksimal sehingga tidak ada gejala selip. Selain itu, juga sangat mudah untuk dikendalikan karena seimbang antara depan dan belakang. Kekurangannya yaitu bobot lebih berat, serta konsumsi BBM nya lebih buruk dari FWD dan RWD. Penggerak ini biasanya digunakan di mobil SUV, Offroader dan Rally. Contoh mobil: Fortuner, Land Cruiser, Everest, Aventador, Impreza WRX, Lancer Evo.

Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir,dimasrizqullah 

Komentar