MOBIL BEKAS: NISSAN GRAND LIVINA 1.5 ULTIMATE 2010

 

EXTERIOR
















Exterior mobil ini berbeda dari rival-rivalnya, dia terlihat lebih rendah yang lebih kearah station wagon atau estate ketimbang sebuah MPV. Penampilan untuk tipe Ultimate pun paling beda dari tipe lain, grill nya menggunakan krom dengan desain yang terlihat klasik. Di sekujur bagian bawah mobil terdapat krom segaris ala mobil mewah. Aksesoris hanya dapat foglamp tidak ada spoiler dan body kit seperti tipe HWS.


INTERIOR

















Interior mobil ini paling mewah dikelas nya walaupun mobil sudah berumur lebih dari 7 tahun, dasbor nya tidak terlihat tua dan masih lebih modern dari Avanza atau Ertiga. Build quality nya bagus tidak ada goyang-goyang, khusus tipe ultimate jok dan doortrim dilapis kulit dan desain kulit di doortrim seperti di Toyota Camry. Duduk di jok tengah terasa sangat lega legroom maupun headroom. Sudah pula dilengkapi dengan roof monitor tetapi ini satu-satunya dikelas compact MPV yang tidak punya AC double blower. Untuk kursi baris ketiga terasa terbatas, legroom nya sempit, headroomnya pas-pasan. Bagasinya kalau kursi tegak semua juga terasa sempit dan paling kecil di kelasnya. Tetapi jok baris ketiga dan kedua bisa dipat rata lantai sehingga sangat praktis.


MESIN

Mesin dengan kode HR15DE dengan kapasitas 1500 cc 4-silinder bertenaga 109 HP dan torsi 143 Nm berpenggerak roda depan yang disalurkan transmisi otomatis. Mesin ini terasa kurang mumpuni untuk mobil yang bertujuan mengangkut banyak orang, tenaganya terasa lemah di putaran bawah. Hal ini juga diperburuk dengan respon gas yang lambat, ketika gas diinjak ada delay selama 1-2 detik untuk menaikkan putaran mesin. Hal baik berdampak pada konsumsi BBM nya yang sangat hemat bahkan yang paling hemat dikelasnya. Nissan mendesain mesin ini hanya untuk kehalusan dan rute dalam kota yang lebih sering berada di kemacetan, namun tidak direkomendasikan untuk perjalanan ke luar kota. Mesin ini juga menyimpan masalah 'ngelitik' atau knocking yang walaupun sudah memakai bensin oktan tinggi tetap koncking. 


YANG PERLU DIPERHATIKAN

1. GEJALA 'NGELITIK' / KNOCKING
Mesin ini menderita ngelitik walaupun masih baru berjalan dibawah 10.000 km. Ini disebabkan karena kompresinya yang tinggi, solusinya adalah harus menggunakan bensin RON 95 (Pertamax Plus) kalau mau awet, tetapi bensin RON 92 (Pertamax) sudah cukup, tapi harus sering melakukan Tune Up minimal setiap ganti oli / 5.000 km. Penyebab lain adalah penyumbatan pada Catalylic Converter. Kalau membeli mobil ini usahakan yang pemiliknya merawat dan kilometernya rendah.

2. COIL
Coil mobil ini tidak awet dan cepat rusak. Kalau mobil dipakai setiap hari, dalam kurun waktu 4 bulan coil biasanya sudah mati dan mesin 'brebet' atau pincang. Segera ganti coil karena ini sangat berpengaruh pada tenaga mesin, 1 coil mati bisa mengurangi 25% tenaga mesin. Salah satu tanda coil yang mati adalah mobil getar berlebihan di posisi idle dan tarikan mesin sangat lambat.

3. PELAT KOPLING
Pelat kopling mobil ini karena sudah berusia 7 tahun harus diganti karena biasanya sudah aus.

4. KAKI-KAKI
Kaki-kaki mobil Nissan memang sudak dikenal tidak tahan lama karena suspensinya yang empuk. Jika suspensi terasa kaku segera ganti shockbreker. Tanda lainnya adalah bunyi 'tung..tung..tung..' saat setir dibelokkan.


SPESIFIKASI

Mesin: HR15DE 1500 cc 4-silinder DOHC 16 Valve CVTC
Tenaga: 109 HP / 5.600 rpm
Torsi: 143 Nm / 4.000 rpm
Rasio Kompresi: 10,5 : 1
Transmisi : Automatic Torque Converter 4-speed
Penggerak : Front Wheel Drive


HARGA MOBIL (periode Juni 2017)
2009 : 95 juta
2010 : 100 juta
2011 : 110 juta


HARGA SPARE PART  (periode Juni 2017)

Busi : Rp. 150.000 / pcs
Coil : Rp. 400.000 / pcs
Kampas Rem Depan : Rp. 350.000 / pcs
Kampas Rem Belakang : Rp. 300.000 / pcs
Timing Belt  : Rp. 700.000
V-Belt : Rp. 250.000
Pelat Kopling : Rp. 550.000
Fuel Pump : 1.200.000
Oil Filter : Rp. 50.000
Fuel Filter : Rp. 125.000
Air Filter : Rp. 100.000


KELEBIHAN

Hemat BBM
Suspensi empuk
Jok empuk
Kualitas material bagus
Interior mewah
Posisi mengemudi ergonomis
Tampilan luar bagus
Harga terjangkau


KEKURANGAN

Akselerasi lambat
Delay gas
Gejala ngelitik
Masalah coil
Kaki-kaki ringkih
Harga jual kembali jatuh
Shockbreker belakang amblas
Ruang baris ketiga


RIVAL


Toyota Avanza 1.5 S








Daihatsu Xenia 1.3 Xi Family










Komentar