LOGO
[P] singkatan dari Parking atau parkir. P berfungsi ketika kita parkir, gearbox akan mengunci roda depan agar tidak bisa bergerak. Walaupun tidak di rem tetap roda tidak bisa bergerak.
[R] untuk Reverese atau mundur. Cara memindahkannya dari P atau N ke R yaitu menginjak rem dan menekan tombol di persneling
[N] untuk Netral. Fungsi ini sama seperti mobil manual. Cara memindahkan dari R atau D ke N tinggal di pindah saja tidak perlu injak rem atau pencel tombol
[D] untuk Drive atau berkendara maju. beberapa mobil menggunakan logo D4
[D3] untuk Drive 3. Makhsudnya ini mengatur transmisi untuk mengunci gear maximal 3
[2] untuk Drive 2. Fungsi sama seperti D3, tapi ini mengunci di gigi 2
[L] untuk Low. Transmisi mengunci di gigi 1
[S] untuk Sport. Untuk mengubah karakter transmisi agar lebih responsif dan gigi akan berpindah di rpm tinggi
CARA PEMAKAIAN
1. BERJALAN NORMAL
Tinggal posisikan transmisi di D dan jalankan mobil dengan santai untuk memaksimalkan efisiensi.
2. MACET
Tinggal posisikan transmisi di D dan jalankan mobil dengan santai untuk memaksimalkan efisiensi.
2. MACET
Untuk kemacetan yang hanya berhenti tidak sampai 10 detik, tidak perlu memindahkan tuak ke N untuk ketahanan pompa hidrolik.
3. BERHENTI LAMA
Ketika kemacetan cukup parah atau sedang berhenti di lampu merah, posisikan tuas di N dan aktifkan rem tangan. Ini agar transmisi dan rem depan beristirahat, juga untuk menghemat BBM.
4. MENYALIP
Untuk tenaga maksimal gunakan posisi S atau pindahkan ke posisi gigi lebih rendah, D3 misalnya. Yang penting posisi putaran mesin tetap ideal.
5. MENANJAK
Gunakan D jika masih bisa. Jika tanjakannya curam gunakan cara seperti menyalip.
6. MENURUN
Di posisi turunan, manfaatkan fitur engine brake. Ini berfungsi untuk menghambat laju mobil dan memutus aliran bahan bakar yang masuk ke ruang mesin,.
7. JALAN TOL
Berkendara di jalan tol pastikan Over Drive dalam posisi menyala, dalam keadaan normal O/D selalu menyala, jika O/D mati akan ada lampu indikator di panel instrumen.
8. PARKIR
Aktifkan dulu rem tangan baru posisikan ke P dan matikan mesin. Untuk parkir paralel gunakan shift lock untuk memindah tuas ke N.
Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah









Komentar
Posting Komentar