40 TAHUN TOYOTA KIJANG



1st GENERATION

Ini adalah Toyota Kijang generasi pertama berkode KF10. Pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1975 di Pekan Raya Jakarta. Mobil ini sangat amat sederhana. Sebenarnya Toyota hanya mengeluarkan versi pickup, yang membuat menjadi MPV adalah Karoseri. Memiliki mesin bensin 1200cc 4-silinder yang sangat berteknologi rendah. Mobil ini akrab dipanggil dengan 'Kijang Buaya', karena kalau kap mesinnya dibuka seperti buaya yang menganga.


2nd GENERATION

Tahun 1981 terlahirlah generasi ke 2 berkode KF20. Akrab dipanggil dengan 'Kijang Doyok', engsel pintunya sudah diletakkan didalam dan sudah punya kaca. Toyota juga mengeluarkan versi MPV nya namun tidak dikerjakan sendiri di Toyota tapi di perusahaan Karoseri. Bermesin 1400cc dan pada tahun 1984 bermesin 1500cc.



3rd GENERATION

Tahun 1986 lahirlah generasi ke 3 dari kijang, akrab dipanggil 'Kijang Super'. Inilah generasi yang paling legendary, berkode KF40 untuk yang SWB dan KF50 untuk yang LWB. Kijang generasi ini sangat laku karena Toyota mempromosikan dengan kata 'bebas dempul', karena generasi sebelumnya yang banyak dempul, juga mobil ini punya AC double blower. Bermesin 1500cc dan pada tahun 1995 menjadi 1800cc.

4th GENERATION

Lahir pada tahun 1997 memiliki bentuk yang lebih membulat dan aerodinamis itu sebabnya dipanggil 'Kijang Kapsul'. Ada pilihan mesin bensin 1800cc dan diesel 2400cc, transmisi ada manual dan automatic. Pada tahun 2000, ada facelift pada lampu, grill, bumper dan dashboard, mesin 1800cc karburator diganti dengan 2000cc EFI (Electronic Fuel Injection). Tahun 2002 ada facelift lagi yang membuat tampangnya lebih segar.


5th GENERATION

Generasi ini bernama 'Kijang Innova', Innova diambil dari kata inovasi, karena modelnya sudah berubah total dan teknologinya yang modern. Dilengkapi dengan 3 varian mesin bensin 2000cc dan 2700cc beteknologi VVT-i dan mesin diesel 2500cc dengan turbo. Memiliki fitur AC digital, audio steering switch, MID, head unit double din, dll. Penjualan kijang generasi ini yang paling laku kedua setelah generasi ketiga.

Pada tahun 2007 ada facelift ringan untuk menghilangkan kesan monoton. Ada modifikasi sedikit pada mesin bensin agar lebih irit BBM. Juga memiliki Airbag dan ABS. Di varian facelift ini, tipe mesin bensin 2700cc tidak dijual lagi karena penjualannya yang lesu.



Pada tahun 2011 ada facelift sedang, bentuknya lebih menyudut dibagian depan. Interiornya lebih modern dengan perubahan di beberapa panel. Fitur hiburan lebih banyak dan ada roof monitor.




Pada tahun 2014 ada facelift ringan, yang terlihat jelas pada grillnya yang melebar dan ada tambahan reflektor lampu belakang. Suspensinya lebih keras agar mengurangi gejala limbung.





6th GENERATION

Pada bulan Desember 2015 lalu, terlahirlah generasi terbaru dari Kijang, dengan nama panggilan 'All New Kijang Innova' atau 'ANKI' atau 'Innova Reborn'. Toyota membuat mobil ini berpenampilan sangat modern. Interiornya juga demikian, memiliki banyak fitur canggih. Fitur lengkap seperti, LED headlight, smart keyless, MID HD, vacuum door, head unit dengan sistem android, voice command, driving mode, dll.

Fitur keselematannya lengkap, 8 airbag, ABS, HSA, EBD, BA, ESC dan ISOFIX. Memiliki dua varian mesin yaitu, bensin 2000cc Dual VVT-i dan diesel 2400cc VNTurbo dengan transmisi maual 5-speed dan automatic 6-speed. Innova ini memiliki sasis ladder frame yang sama seperti kijang generasi sebelumnya.





Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah

Komentar