MITOS SEPUTAR MOBIL



MEMANASKAN MESIN

Mobil zaman sekarang tidak perlu dilakukan pemanasan mesin. Mesin zaman sekarang sudah canggih, oli selalu di posisi mesin walaupun mesin dalak kondisi dingin. Memanaskan mesin hanya berlaku pada mobil zaman dahulu. Contoh: Kijang Super, Great Corolla, Accord Cielo.




MENGGANTI OLI SESUAI JARAK TEMPUH

Para pabrikan mobil merekomendasikan mengganti oli setiap 10.000 km. Ini untuk negara asal pembuatan mobil. Untuk Indonesia yang kemacetannya luar biasa harus diganti setiap 5.000 km. Karena ketika macet, walaupun mobil tidak berjalan, mesin tetap hidup yang membuat oli berjalan terus.


TRANSMISI MATIC LEBIH BOROS BBM

Ini salah kaprah, faktanya dalam pengetesan yang dilakukan BPPT, transmisi automatic lebih hemat karena perpindahan gigi yang tepat.





MENGGUNAKAN BBM SUBSIDI AGAR HEMAT PENGELUARAN

Memang menggunakan bbm bersubsidi terlihat lebih murah karena dengan uang yang sama bisa mendapat BBM lebih banyak. Namun sebenarnya tidak, karena BBM bersubsidi memiliki kandungan yang buruk untuk mesin, proses pengapian membutuhkan bensin lebih banyak sehingga lebih boros BBM. BBM bersubsidi juga berdampak pada ruang mesin yang lebih cepat kotor dan rawan ngelitik sehingga lebih sering ke bengkel.

GAS POL KETIKA MELEWATI BANJIR

Ketika melewati banjir putaran mesin harus tinggi adalah mitos. Yang terjadi ketika digas adalah air masuk melewati air intake dan exhaust sehingga terjadi water hammer dan membuat mesin porak-poranda. Maka dari itu ketika melewati banjir putaran mesin harus rendah agar hal tersebut tidak terjadi.


MESIN DIESEL TIDAK LINCAH

Itu hanya berlaku untuk mesin diesel zaman dahulu. Mesin diesel modern sudah sangat berbeda, mesin diesel memiliki torsi lebih besar ketimbang mesin bensin. Bahkan mesin diesel selalu menang dalam ajang balapan LeMans.



MESIN BESAR PASTI BOROS BBM

Tingkat efisiensi mobil ditentukan teknologi mesin dan power weight ratio. Sebagai bukti, X-Trail 2500cc memiliki kehematan 10,1 km/l dan X-Trail 2000cc hanya 9,7 km/l. Logikanya begini, jika mobil berukuran besar tetapi mesinnya kecil maka mesin lebih kerja keras untuk menggerakkan mobil.







TEKAN GAS SEBELUM MEMATIKAN MESIN

Menekan gas sebelum mematikan mesin dianggap bisa mengecharge aki mobil agar aki mobil selalu prima. Kegiatan ini salah besar, mobil zaman sekarang sudah memiliki IC Voltage Regulator untuk mensuplai listrik lebih akurat sesuai kebutuhan.


TANDUK UNTUK MEMPERKUAT MOBIL

Rangka dan bumper mobil bagian depan dirancang dengan bahan yang mudah penyok untuk meredam tabrakan. Nah, kalau dipasang tanduk, fungsi rangka depan akan sia-sia.






Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah


Komentar