EXTERIOR
Tampilan luar mobil ini cukup menarik, terlihat modern, aerodinamis dan kokoh khas mobil Amerika. Fiesta memiliki 2 varian yaitu Trend dan Sport, tipe Trend tidak dilengkapi dengan foglamp depan, front lower garnish dan wing spoiler.
INTERIOR
Desain interior mobil ini bukan selera semua orang, tetapi Fiesta memiliki segudang fitur yang tidak dimiliki oleh rival-rivalnya. Head unit selain memiliki fitur musik juga memiliki fitur untuk telfon dan bisa membaca semua kontak di handphone. HU ini juga bisa untuk melakukan pengaturan mobil seperti, lampu sen, odometer, dll. HU ini juga berfungsi sebagai MID, semisal kap mesin yang tidak rapat atau mesin mengalami malfunction, HU ini akan memperingatkan anda melalui bentuk gambar, tulisan dan bunyi peringatan. Fitur keselamatan terdiri dari dua buah airbag, rem ABS+EBD+BA, dan HSA. Tempat penyimpanan pun lumayan banyak ada di dasbor, pintu, konsol tengah, dan dibawah kursi. Fitur yang memudahkan anda adalah hadirnya audio steering switch, triple signal lamp, auto retractable mirror dan voice command. Untuk baris kedua mobil ini tergolong sempit, legroom dan headroomnya terbatas serta posisi kursi tegak dan tidak bisa reclining sehingga membuat perjalanan jarak jauh terasa cepat lelah.
MESIN
Untuk mesin, mobil ini memiliki dua varian yaitu 1400cc dengan transmisi manual & automatic dan mesin 1600cc bertransmisi automatic dual clutch 6-speed. Mesin 1400cc ini menghasilkan tenaga puncak 95 hp dan torsi maximal 128 Nm yang disalurkan dengan transmisi automatic 4-speed atau manual 5-speed ke roda depan. Walaupun tenaga mesin terkecil di kelasnya, nyatanya mesin ini sudah lebih dari cukup untuk penggunaan dalam kota dan luar kota. Perpindahan giginya tidak se halus Honda Jazz, tetapi masih dalam tahap wajar.
YANG PERLU DIPERHATIKAN
1. GEJALA OVERHEAT
Ford dari dulu dikenal dengan mesinnya yang mudah overheat, untuk mobil ini yang sudah berumur lebih 3 tahun wajar saja bila hal tersebut terjadi. Overheat ini terjadi akibat sistem sirkulasi air radiator tersumbat karena kotoran yang menumpuk pada instalasi pipa-pipanya. Yang harus dilakukan adalah kuras air radiator setiap 20.000 km atau setiap 1 tahun.
2. RACK STEERING
Komponen ini juga mudah rusak mengingat usianya lebih dari 3 tahun. Tanda nya adalah setir tidak lurus dan bunyi 'gluduk gluduk' saat mobil berjalan di kecepatan rendah.
3. MODUL TRANSMISI
Kerusakan komponen ini bisa terdeteksi ketika mobil berjalan, transmisi ini bepindah gigi tidak lancar dan entakan yang cukup terasa. Kerusakan ini terjadi karena mungkin mobil pernah melewati banjir atau pada saat cuci mesin.
SPESIFIKASI
Mesin: 1400 cc 4-silinder DOHC 16 Valve Duratec
Tenaga: 95 HP / 5.800 rpm
Torsi: 128 Nm / 4.200 rpm
Rasio Kompresi: 9,75 : 1
Transmisi : Automatic Torque Converter 4-speed / Manual 5-speed
Penggerak : Front Wheel Drive
HARGA MOBIL (periode September 2017)
2010 : 95 juta
2011 : 105 juta
2012 : 115 juta
HARGA SPARE PART (periode September 2017)
Busi : Rp. 150.000 / pcs
Kampas Rem Depan : Rp. 800.000 / set
Kampas Rem Belakang : Rp. 1.000.000 / set
Shockbreaker Depan : Rp. 1.000.000 / pcs
Shockbreaker Belakang : Rp. 1.200.000 / set
Oil Filter : Rp. 60.000
Oil Filter : Rp. 60.000
Air Filter : Rp. 140.000
Rack Steer : Rp. 4.000.000
Modul Transmisi : Rp, 11.000.000
KELEBIHAN
Hemat BBM
Suspensi mantap
Exterior menarik
Fitur melimpah
Material kabin bagus
Build quality bagus
Suara audio mantap
Harga Kompetitif
KEKURANGAN
Posisi mengemudi kurang ergonomis
Akomodasi sempit
Spare part mahal
Visibilitas
Durabilitas kurang
Harga jual kembali jatuh
ATPM tidak ada
RIVAL
Honda Jazz RS
Toyota Yaris TRD S
Mazda 2 R
Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah








Komentar
Posting Komentar