MOBIL BEKAS: HONDA CITY TYPE Z VTi 2002



EXTERIOR
Bagian exterior mobil ini bagus, desainnya terlihat sangat elegant walaupun sudah berumur. Desain City ini mirip dengan kakaknya Honda Civic. Honda city mengalami facelift di tahun 2000, perubahan pada headlamp bening, grill, bumper, velg, stoplamp bening, bagasi, dan model stir 4 spoke.

INTERIOR
Interior mobil ini memiliki desain mengotak, namun masih terllihat bagus dibandingkan kompetitornya. Fitur mobil ini cukup basic tetapi sudah terbilang lebih dari cukup. AC bisa di set untuk muka, kaki, dan windshield, head unit juga masih menggunakan model one din.

MESIN
Mesin  City type Z sudah menggunakan VTEC yang berkapasitas 1500cc 4-silinder yang mampu menelurkan tenaga 115 hp dan torsi 139 Nm dengan transimisi manual 5-speed dan automatic torque converter 4-speed Front Wheel Drive. Mesin ini tergolong mumpuni dan transmisinya cukup sigap dalam berakselerasi. Mesin ini juga minim masalah untuk pemakaian sehari-hari.


YANG PERLU DIPERHATIKAN
1. KAKI-KAKI
Honda City Type Z sudah menggunakan suspensi belakang bertipe independen. Jika suspensi mobil bagian belakang terasa sangat keras itu menandakan sudah waktunya untuk diganti, maklum saja karena sudah berumur lebih dari 15 tahun.
2. AC
AC mobil ini juga rentan bermasalah, hembusan AC mobil ini terasa kurang dingin walaupun di malam hari. Biasanya bermasalah pada kondensor dan kompresor yang sudah aus.


SPESIFIKASI
Mesin: 1500 cc 4-silinder DOHC 16 Valve Duratec
Tenaga: 115 HP / 6.800 rpm
Torsi: 128 Nm / 4.600 rpm
Rasio Kompresi: 9,5 : 1
Transmisi : Automatic Torque Converter 4-speed / Manual 5-speed
Penggerak : Front Wheel Drive

HARGA MOBIL (periode November 2017)
2000 : 70 juta
2001 : 75 juta
2002 : 80 juta

KELEBIHAN
Image Honda
Desain elegan
Performa mesin
Mesin tangguh
Handling
Hemat BBM

KEKURANGAN
Kaki-kaki ringkih
AC kurang dingin
Spare part mahal
Fitur minim
Suspensi keras
Populasi minim


RIVAL

Toyota Soluna





Hyundai Accent Verna






 Suzuki Baleno Next-G








Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah

Komentar