TIPS MENGEMUDI SAAT HUJAN LEBAT


1. JAGA JARAK AMAN
Karena hujan lebat, maka jarak pandang ke depan juga terbatas. Daya cengkram ban pun menurun karena jalanan basah, jadi Anda masih mendapat kesempatan yang luas untuk rem mendadak sekalipun.

2. ATUR KECEPATAN
Jika anda memiliki kebiasaan berkendara di tol dengan kecepatan 100 km/h, maka kecepatan harus diturunkan maksimal 80  km/h. Dengan kecepatan yang lebih rendah, dapat membantu kinerja cengkraman ban ke jalan.

3. AQUAPLANNING
Aquaplanning adalah gejala mengambangnya ban akibat melewati genangan air yang membuat kehilangan daya cengkram ban. Untuk mengantisispasi hal ini, ketika anda sedang melewati genangan air, jangan menginjak gas dan rem agar ban tidak ada traksi dari mesin, juga sambil mengurangi kecepatan untuk menghindari kecelakaan.

4. NYALAKAN LAMPU, BUKAN HAZARD
Sering kali pada saat hujan lebat, masih banyak orang yang menyalakan lampu hazard. Lampu hazard justru berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan. Lampu yang berkedip-kedip dapat mengganggu visibilitas pengendara lain, serta pengendara lain tidak tau anda ingin belok kiri atau kanan. Gunakan lampu besar dan lampu kabut agar visibilitas anda ke depan semakin jelas.

5. SET WIPER
Anda bisa mengatur wiper sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Jika hujan sangat lebat gunakan speed yang paling cepat untuk visibilitas yang lebih jelas.

Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah  @ir.mobil

Komentar