CIRI-CIRI MOBIL EX TERENDAM BANJIR


1. ELECTRICAL BERMASALAH
Periksalah electrical mobil seperti lampu instrumen, power window, audio, lampu kabin, lampu sen, wiper, dll. Mobil bekas banjir biasanya mengalami banyak masalah kelistrikan.





2. NODA LUMPUR & BAU TAK SEDAP
Penjual mobkas sebisa mungkin membersihkan mobil sedemikian rupa agar terlihat bersih dan wangi, namun anda bisa cek melalui karpet dasar mobil, jika ada bekas endapan lumpur dan beraroma tak sedap bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir. Periksa juga pada bagian karet pintu apakah ada noda bekas lumpur, pasir, air atau sejenisnya.

3. BAGIAN MOBIL BERKARAT
Periksa bagian kolong mobil, baut-baut, runag mesin dll. Pastikan tidak ada karat, jika ada dipastikan mobil bekas banjir.






4. LAMPU TERDAPAT EMBUN
Jika lampu depan atau lampu belakang berembun padahal lampu tidak retak, maka mobil pernah terendam banjir.




5. OLI BEWARNA PUTIH
Oli yang sudah tercampur dengan air akan bewarna seperti putih susu atau coklat susu. Jika anda menemukan hal seperti ini sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli mobil tersebut.




6. MANUAL BOOK & SERVICE RECORD TIDAK ADA

 Umumnya, pemilik mobil selalu meletakkan manual book dan service record di laci dashboard. Jika pernah terendam banjir buku tersebut rusak dan penjual mobkas akan mengatakan jika buku tersebut hilang.




7. PERIKSA ASAL MOBIL
Anda bisa telusuri asal mobil melalui alamat yang tertera pada STNK. Perhatikan lokasi wilayah tersebut apakah rawan banjir atau tidak.





Penulis: Ir. Dimas Rizqullah
IG: @ir.dimasrizqullah

Komentar